Jumat, Februari 17, 2012

10 Pertanyaan dan Jawaban tentang Manusia Setengah Salmon

10 Pertanyaan dan Jawaban tentang Manusia Setengah Salmon


Semakin buku Manusia Setengah Salmon mendekati tanggal nongol di toko buku (24 Desember 2011), semakin banyak gue nerima pertanyaan tentang buku gue ini. Nah, gue akan menjawab 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan di Twitter tentang buku Manusia Setengah Salmon. Ini dia:
**
1. Berapa lama lo buat tuh buku bang? (dari @kenyocahyni3424)
Ada beberapa bab yang mulai ditulis dari tahun lalu tapi waktu itu mandek lalu gue tinggal… akhirnya gue buka lagi dan baru selesai untuk buku ini. Contoh bab seperti itu adalah bab Tarian Musim Kawin. Tapi, ada juga bab yang begitu ditulis langsung selesai saat itu juga. Total pengumpulan semua tulisan untuk buku ini menghabiskan waktu satu tahun lebih.

2. Bang, di buku lo yang baru ini temanya banyak tentang apa? kalo yang di Marmut merah jambu kan tentang Cinta2an. (dari @denyrlevi)
Di buku ini ada bab yang ngebahas cinta, ada soal keluarga. Temanya lebih banyak tentang perpindahan. Ada cerita gue pindah rumah, pindah negara, pindah kebiasaan… sampai pindah hati. Tentu saja, gaya menulisnya tetep full komedi seperti buku-buku gue sebelumnya.

3. kenapa judulnya harus Manusia Setengah Salmon ? Terinspirasi darimana ? (dari @cynthiatirtani)
Sedikit nyambung sama pertanyaan nomer dua, kenapa judulnya Manusia Setengah Salmon, karena kebanyakan isi dari bukunya bercerita tentang perpindahan. Nah, salmon adalah binatang yang mempunyai ritual perpindahan (migrasi) yang hebat setahun sekali untuk bertelur.

4. ceritanya tentang apa bang? harganya? tebelnya? (dari @GiniTrisnawati)
Kalo ceritanya tentang apa, lihat pertanyaan & jawaban nomer 2 & 3. Sedangkan, harga bukunya 42 ribu rupiah. Tebalnya 258 halaman.

5. bang manusia stngah salmon itu kisah nyata apa bukan ??? (dari @kintanwailulu)
Rata-rata cerita di buku ini kisah nyata. Bab yang bukan terdiri kisah nyata paling-paling berupa bab yang berisi panduan ancur-ancuran kayak bab Jomblonology atau bab-bab yang memang terdiri dari jokes singkat seperti bab berjudul Hal-Hal yang Tidak Seharusnya Dipikirkan tapi Entah Kenapa Dipikirkan.

6. bang, di buku Manusia Setengah Salmon masih ada cerita tentang Edgar gak? temen gue ada yg naksir..hehe (dari @bintaaangg)
Ada dong, dalam buku Manusia Setengah Salmon bab yang ada Edgar-nya berjudul Pesan Moral dari Sepiring Makanan. Kamu naksir sama Edgar? Sebaiknya jangan deh. Terakhir kali ada yang naksir sama Edgar, dia diculik sama alien…

7. bang, menurut abang bagian terlucu di manusia setengah salmon itu bagian mana ?? (dari @wuyonghye)
Banyak bab yang gue suka dalam buku Manusia Setengah Salmon. Tapi beberapa bab favorit gue, yang tetep bisa bikin gue ngakak adalah bab Bakar Saja Keteknya. Sedangkan, bab yang bikin gue tetep garuk-garuk tanah pas bacanya adalah bab berjudul Sepotong Hati dalam Kardus Cokelat. Kayak apa ceritanya? Makanya beli bukunya nanti.. Hueheheh..

8. bang,kenapa selalu nama binatang yg diselipin di judul bukunya? Bukan duit 100rebu? (dari @shvsilli)
Karena nanti gue yang bangkrut..

9. buku manusia setengah salmon ini romantis, kocak apa horror bang? (dari @tsetianto)
Buku ini gaya penulisannya rada mirip sama Marmut Merah Jambu. Semuanya ditulis dengan gaya komedi, tapi ada juga bagian-bagian yang galau maksimal. Yang horror-komedi juga ada, judulnya Interview With The Hantus.

10. Apa istimewa’y buku ini di banding buku2 sebelum’y?? (dari @aidazki)
Cover-nya lebih bikin mual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar