Sabtu, Desember 03, 2011

Biola klasik unik

Triolin

Dengan biola desain dari Alex Sobolev, kita dapat bermain biola bertiga sekaligus, dengan bersatunya kotak resonansi dan posisi yangpemain yang saling berhadapan, diharapkan dapat tercipta harmoni yang lebih baik, hanya saja ketinggian pemain harus sama pastinya.
Biola trompet
Biola ini adalah alat musik tradisional di Eropa Timur seperti Bulgaria, suara biola diperkeras dengan sebuah corong trompet bukan dengan kotak resonansi. Biola yang disebut horn violin ini banyak digunakan oleh pengamen- pengamen di jalanan.

Tiruan biola Stradivarius

Biola buatan Stradivarius antara 1680 dan 1700 adalah biola paling legendaris dan termahal di dunia akrena kelangkaan dan kualitas suaranya yang sempurna. Biola buatannya pada tahun 2010 mencapai USD 3.600.000 dalam sebuah lelang.  Namun pada tahun 2009 seorang peneliti dari Swiss, Professor Francis Schwarze, berhasil membuat tiruan dan bahkan dianggap lebih sempurna dibandingkan dengan biola Stradivarius yang asli dengan cara menggunakan kayu asli seperti yang digunakan pada tahun 1700-an dengan tidak lupa menambah semua jamur yang menumbuhi biola Stradivaius yang asli sejak masa itu.

Biola kaca

Sebuah perusahaan kaca Jepang, Hario Glass Co. Ltd, berhasil membuat sebuah karya seni yang menakjubkan, sebuah biola dari kaca. Biola ini dilkisi secara manual dan dihargai $3.500.

iPod’s Real Violin

Apple memang memberi kesempatan yang terbuka luas bagi para kreatif. Sebuah perusahaan software membuat sebuah software biola yang mampu menirukan bahkan menyederhanakan permainan sebuah biola.

Robot pemain biola

Sebenarnya ini di luar kategori biola, namun dengan teknologi dari Toyota, Jepang ini suatu saat nanti sebuah simponi indah yang serumit apapun dapat dimainkan dengan emosi yang mendalam selayaknya maestro sesungguhnya.

Biola elektrik

Dengan teknologi yang hampir sama dengan gitar listrik, yitu mengganti kotak resonansi konvensional menjadi elektrik, biola kini juga pantas digunakan oleh seorang rocker, bahkan dapat didesain menjadi bertangkai ganda untuk mendapatkan rentang nada yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar