Minggu, November 10, 2013

Pentagon juga bantu Filipina

Topan Super Haiyan terlihat mendekati Filipina (REUTERS/Japan Meteorological Agency/NOAA/Handout via Reuters)

Washington (ANTARA News) - Pentagon mengumumkan untuk memberi Filipina sumber-sumber daya angkatan laut dan penerbangan di negara yang porak-poranda diamuk topan itu.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel akan mengirimkan helikopter dan menyediakan peralatan pencarian serta penyelamatan maritim yang diperlukan pemerintah Filipina.

"Menteri Hagel telah memerintahkan Komando Pasifik AS untuk mendukung operasi bantuan kemanusiaan pemerintah AS di Filipina di tengah amukan Topan Haiyan," katanya seperti dikutip AFP.

"Fokus awal termasuk pencarian dan penyelamatan di permukaan laut, helikopter kelas menengah-berat untuk mendukung, pencarian dan penyelamatan maritim udara, dan dukungan logistik," tambah pernyataan itu.

PBB memperkirakan 1.200 korban tewas akibat topan ganas itu bisa meningkat dan bahwa pihaknya mengirimkan pasokan darurat ke negara itu.

Pentagon juga bekerjasama dengan Badan Pembangunan Internasional AS dan duta besar Amerika di Manila, untuk terus memantau dampak topan dan "siap membantu sekutu kita untuk pulih kembali dari badai."

(H-AK/H-RN)



View the original article here



Peliculas Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar