Minggu, November 10, 2013

Israel ngotot usili Iran

Ilustrasi. Bendera Israel berkibar di sebuah bukit dekat pemukiman Yahudi Elazar di Tepi Barat, dekat Bethlehem, Minggu (17/3) (Reuters/Ronen Zvulun)

Jika kami tidak punya pilihan lagi, kami akan bertindak"
Yerusalem (ANTARA News) - Israel berencana melobi Kongres Amerika Serikat untuk mencegah tercapainya kesepakatan nuklir dengan Iran, kata Menteri Ekonomi Naftali Bennet seperti dikutip AFP.

Pernyataan tersebut disampaikan Bennet menjelang kembali digelarnya perundingan antara sejumlah negara besar - termasuk Amerika Serikat- dengan Iran pada 20 November mendatang.

"Sebelum perundingan dimulai kembali, kami akan melobi puluhan anggota Kongres Amerika Serikat dan saya sendiri yang akan menjelaskan kepada mereka betapa keamanan Israel berada dalam bahaya," kata Bennet kepada stasiun radio militer.

Sebelumnya Iran dan enam negara lain gagal mencapai kesepakatan soal nuklir Tehran setelah tiga hari berunding di Jenewa.

Meskipun demikian, para diplomat menyatakan kemajuan signifikan telah dicapai dan perundingan akan kembali digelar 10 hari mendatang di tempat yang sama.

Bennet mengatakan terdapat "perbedaan" dalam tubuh pemerintahan Presiden Barrack Obama mengenai bagaimana berurusan dengan Iran.

"Jika dalam 10 tahun ke depan sebuah bom atom yang disembunyikan dalam tas meledak di New York atau rudal nuklir menghantam Roma, maka seseorang akan berkata bahwa semua itu adalah akibat konsesi yang telah kita buat (dengan Iran)," kata dia.

Ketegangan antara Israel dan Amerika Serikat saat ini meningkat setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kemarin Jumat secara terbuka mengecam usulan kesepakatan sementara dengan Iran yang disebutnya "sangat buruk."

Netanyahu juga mendesak Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry untuk "tidak terburu-buru menandatangani perjanjian."

Tidak lama setelah itu, Obama menelepon Netanyahu untuk memberi tahu perkembangan terbaru perundingan di Jenewa sambil menekankan komitmen Amerika Serikat untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

Wakil Menteri Pertahanan Israel Danny Danon berkata, "Jika kami tidak punya pilihan lagi, kami akan bertindak -- itu sebabnya Israel mempunyai angkatan udara."

Perundingan intensif antara Iran dengan kelompok P5+1 berakhir hari ini di Jenewa tanpa menghasilkan kesepakatan mengenai program atom Tehran.

Kelompok P5+1 -- yang terdiri dari anggota permanen Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman -- mencurigai Iran sedang mengembangkan persenjataan nuklir.

Israel,  satu-satunya pemilik senjata nuklir di Timur Tengah, yakin Iran harus dicegah untuk menguasai teknologi nuklir dengan cara apa pun.



View the original article here



Peliculas Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar